> U M U M

Sejalan dengan era reformasi saat ini, dan dengan diberlakukannya UU Nomor 22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah yang direvisi kembali dengan Undang- Undang Nomor 32 tahun 2005 serta Undang-Undang Nomor 25 tahun 1999, tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah, maka pemerintah daerah memiliki kewenangan yang lebih luas dalam menata daerahnya dengan mengoptimalkan seluruh potensi daerah yang dimiliki, termasuk didalamnya pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana yang berperan sangat penting dalam memajukan perekonomian suatu wilayah kabupaten/kota.

Mencermati keadaan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Enrekang sesuai Rencana Stratejik (Renstra) yang disusun, dituntut untuk lebih kreatif dalam merencanakan suatu infratruktur yang efisien, efektif, terpadu dan saling sinerji antar berbagai sistem, termasuk perangkat pemerintah, serta peran aktif masyarakat yang lebih nyata, sehingga pembangunan sarana dan prasarana wilayah dapat memberikan manfaat yang nyata dan dampak yang luas dalam pengembangan dan peningkatan perekonomian masyarakat (Local Economic Development).

Beberapa program pembangunan yang dilaksananakan terbagi dalam 3 sektor yakni sektor perhubungan darat (jalan dan jembatan), sektor permukiman dan Perumahan, dan sektor pengairan. Sektor Perumahan dan Permukiman programnya meliputi kegiatan Penyehatan Lingkungan Permukiman dan perumahan melalui kegiatan pembangunan drainase,  Perbaikan permukiman dan perumahan berupa pembangunan jalan lingkungan. Sementara sektor Pengembangan Sumber daya Air (PSDA) meliputi pekerjaan pembangunan saluran irigasi, rehabilitasi dan pemeliharaan saluran irigasi, bangunan intake serta penyediaan air bersih perkotaan dan perdesaan. Sementara untuk sektor perhubungan darat meliputi program Pemeliharaan Rutin Jalan, pemeliharaan Periodik jalan, pengerasan jalan, pengaspalan jalan

Sejalan dengan adanya kebijakan otonomi daerah, maka peranan sarana dan prasarana transportasi, khususnya sistem jaringan jalan kabupaten/lokal menjadi semakin nyata dalam usaha mengentaskan masalah kemiskinan masyarakat perdesaan. Salah satu usaha yaitu melalui perbaikan tingkat aksesibilitas pusat-pusat desa atau daerah terpencil (Remote Areas) dengan memanfaatkan prasarana transportasi berupa sistem jaringan jalan kabupaten/lokal dengan mengembangkan wilayah perdesaan (Rural Area).

Penyediaan prasarana transportasi jaringan jalan dalam suatu wilayah /kawasan akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap perkembangan wilayah/kawasan tersebut antara lain :

  1. Peningkatan produksi, distribusi pangan, industri, ekspor/perdagangan, parawisata,agro industri dan bisnis, akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan perekonomian suatu wilayah/kawasan perkotaan dan perdesaan.
  2. Peningkatan kesejahteraan melalui pengentasan kemiskinan, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, pengembangan daerah  terisolasi, peningkatan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat.

 VISI DAN MISI DPUK

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi yang diemban Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Enrekang mempunyai rencana stratejik yang beroreintasi pada hasil pembangunan yang ingin dicapai selama kurun waktu 5 (lima) tahun, yaitu untuk tahun 2009 – 2013. Dengan didasarkan pada isu-isu stratejik yang timbul baik issue stratejik lingkungan internal maupun eksternal yang akan menjadi potensi, peluang dan tantangan bagi organisasi.  Rencana strategis Dinas Pekerjaan Umum ini mencakup Visi, Misi, Tujuan, Sasaran serta cara pencapaian tujuan dan sasaran akan diuraikan dalam bab ini. Selanjutnya  sasaran yang ingin dicapai dalam tahun 2010 akan dijelaskan dalam Rencana Kinerja 2010.

> VISI

Berdasarkan hasil pembahasan dan musyawarah seluruh staf Dinas Pekerjaan Umum dengan berlandaskan pada tugas pokok dan fungsi sesuai Peraturan Daerah Nomor     tahun 2009, maka disepakati untuk menetapkan Visi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Enrekang dalam penyelemggaraan Otonomi Daerah,  dan pemerintahan yang bersih dan berwibawa (Good Governance & Clean Governance yaitu :

“ Mewujudkan Pelayanan Infrastruktur Bidang Pekerjaan Umum yang Baik dan Layak Untuk Kehidupan yang Produktif dan Berkelanjutan ”

Rumusan Visi ini mengacu pada Visi Kabupaten Enrekang sebagaimana tertuang dalam Peraturan Daerah Nom 12 tahun 2008 (Renstra tahun 2008 – 2013). Didalam Visi tersebut terkandung keinginan Dinas Pekerjaan Umum Kabupten Enrekang sebagai instansi teknis yang menangani pembangunan fisik di kabupaten Enrekang untuk mewujudkan suatu Infrastruktur yang berkualitas yang mampu menjadi faktor pendorong dan menarik (pull dan push factor) dalam mendukung pembangunan dan pergerakan perekonomian kabupaten Enrekang dimasa mendatang, dengan mengembangkan dan memanfaatkan potensi ekonomi lokal (local economic development) yang ada dalam mencapai kesejahteraan masyarakat kabupaten Enrekang. Untuk itu didalam perencanaan dan pembangunan suatu infrastruktur, maka prinsip efisiensi, efektif dan optimal dengan azas pemberdayaan masyarakat melalui jalur Musrembang (bottom up – top down), senantiasa dikembangkan dan diterapkan dalam setiap tahapan kegiatan perencanaan pembangunan

> MISI

Dalam mewujudkan pencapain Visi yang telah dirumuskan tersebut, maka implementasinya dijabarkan melalui Misi dengan tujuan dan sasaran yang akan dicapai, yang selanjutnya akan dituangkan dalam rumusan program kegiatan nantinya.  Sebagai arah tindak operasional organisasi, maka perumusan misi dilakukan dengan tetap mengacu dan mempertimbangkan tugas pokok dan fungsi organisasi.

Misi yang diemban Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Enrekang adalah :

Memenuhi kebutuhan dan Mengembangkan Infrastruktur Bidang Pekerjaan Umum secara Profesional, Partisipatif dan Transparan guna mewujudkan Ruang Kabupaten Enrekang yang Nyaman dan Berkualitas

Tujuan Stratejik :

Misi tersebut yang merupakan pernyataan organisasi, dalam implementasinya perlu ditetapkan tujuan yang merupakan penjabaran dari pernyataan misi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Enrekang.  Tujuan ini akan memberikan gambaran yang nyata tentang apa yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu 1 (satu) sampai 5 (lima) tahun kedepan.  Dengan perumusan tujuan stratejik ini maka Dinas Pekerjaan Umum dapat mengetahui secara tepat apa yang akan dilaksanakan dalam memenuhi pencapaian Visi dan Misinya dalam jangka waktu satu sampailimatahun ke depan dengan tetap memperhatikan potensi internal organisasi berupa sumber daya yang dimiliki.

Beberapa tujuan stratejik Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Enrekang adalah sebagai berikut :

Tujuan Stratejik DPUK yaitu :

  1. Mewujudkan perumusan dan pembinaan perencanaan, Kepegawaian, evaluasi dan pelaporan administrasi fisik dan keuangan DPUK
  2. Penyusunan program pembangunan sesuai skala prioritas pembangunan dan aspirasi masyarakat yang berazas pada pemerataan dan penyebaran pembangunan berwawasan lingkungan
  3. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pembangunan infrastruktur berdasarkan skala prioritas dan aspirasi masyarakat.
  4. Meningkatkan mutu / kualitas pembangunan infrastruktur dengan menerapkan program Manajemen Mutu (quality assurance)
  5. Melakukan pembinaan teknis kepada aparatur pemerintah daerah

>     Sasaran Stratejik

Setelah menentukan tujuan stratejik, maka selanjutnya tentu harus dirumuskan sasaran stratejik yang ingin dicapai sebagai wujud dari proses perencanaan stratejik.   Tujuan utama dari penentuan sasaran adalah bagaimana mewujudkan suatu infratruktur yang berkualitas, yang mampu memberikan nilai tambah dalam pemanfaatannya dengan menggunakan sumber daya pembiayaan dan sumber daya organisasi secara efisien, efektif dan berhasil guna.

Sasaran yang disusun diuraikan berdasarkan fungsi dan peran masing-masing bagian dalam organisasi yang ada dengan berdasarkan pada tujuan yang telah ditetapkan untuk jangka waktu 5 (lima) tahun kedepan dengan program dan kegiatan yang disusun tiap – tiap tahun anggaran.

Sasaran stratejik Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Enrekang yang merupakan bagian dari proses perencanaan stratejik merupakan landasan yang kuat dalam bergerak (prime mover) untuk mengendalikan dan memantau pencapaian kinerja organisasi  serta akan memberikan jaminan  terhadap keberhasilan pelaksanaan program keseluruhan bagian/satuan  kerja dalam lingkup organisasi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Enrekang.

Sasaran-sasaran yang diterapkan merupakan faktor pendukung (support factor) pencapain tujuan stratejik yang terkait. Dengan demikian apabila seluruh sasaran stratejik telah dicapai, maka diharapkan tujuan stratejik terkait dengan sendirinya terealisasi sesuai yang diinginkan.

Secara keseluruhan sasaran dan program Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Enrekang adalah sebagai berikut :

> TUJUAN DAN SASARAN

– TUJUAN :

Misi tersebut merupakan pernyataan operasional yang dalam implementasinya perlu ditetapkan tujuan yang merupakan penjabaran dari pernyataan Misi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Enrekang. Untuk mewujudkan Visi dan Misi ini, maka strategis yang dikembangkan adalah :

  1. Mengurangi tingkat kemiskinan dan mengembangkan berbagai wilayah serta meningkatkan pemerataan pembangunan dan hasil pembangunan antar wilayah melalui pendekataan penataan ruang;
  2. Meningkatkan ketahanan pangan dan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi wilayah melalui penyediaan infrastruktur bidang Pekerjaan Umum yang berkualitas.
  3. Meningkatkan profesionalisme, produktivitas, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pekerjaan umum.

– SASARAN :

Dari Uraian penjabaran tujuan yang akan dicapai Dinas Pekerjaan Umum untuk Rencana Kerja (RENJA), maka beberapa sasaran telah ditetapkan antara lain :

  1. Meningkatnya kualitas lingkungan yang disertai dengan meningkatnya akses masyarakat terhadap pelayanan sarana dan prasarana perumahan dan permukiman;
  2. Meningkatnya ketersediaan sarana dan prasarana dasar serta perluasan kesempatan berusaha bagi masyarakat miskin dan kawasan perdesaan;
  3. Meningkatkan ketersedian prasarana dan sarana wilayah di wilayah tertinggal dan terisolasi
  4. Meningkatnya pemanfaatan tata ruang sebagai landasan dan acuan kebijakan bagi pembangunan lintas sektor dan wilayah;
  5. Meningkatkan pemenuhan kebutuhan air bagi rumah tangga, permukiman, pertanian dan industri, serta berkurangnya dampak bencana banjir maupun kekeringan;
  6. Meningkatnya kecepatan maupun kenyamanan mobilitas manusia, barang dan jasa seiring dengan meningkatnya daya dukung, kapasitas, maupun kualitas pelayanan prasarana jalan, serta meningkatnya aksesibilitas wilayah
  7. Meningkatnya kemampuan pelayanan internal wilayah kota kecamatan, kabupaten menuju kota yang maju;
  8. Meningkatkan kualitas perencanaan, pengawasan dan profesionalisme penyelenggaraan pekerjaan umum;

Meningkatkan kualitas kelembagaan, ketatalaksanaan, dan pelayanan publik dalam penyelenggaraan pekerjaan umum melalui penerapan prinsip-prinsip good governance.



Satu Tanggapan to “RENCANA STRATEGIK”

  1. fajry Says:

    knp yah kinerjax tidak pernah sukses di mata masyarakat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s